Apa Kamu Mahir Memasak 8 Resep Tumis Ini, Tandanya Kamu Pantas Jadi Istri!

Apa Kamu Mahir Memasak 8 Resep Tumis Ini, Tandanya Kamu Siap Jadi Istri!


Katanya sih, cewek itu harus bisa masak. Karena kelak mereka akan jadi istri yang salah satu kewajibannya adalah mencukupkan gizi buat suami dan anak-anak. Meski sebenarnya bisa juga sih beli makanan di luar, tapi alangkah baiknya kalau para cewek nggak canggung-canggung banget saat berhadapan dengan alat masak dan bumbu dapur.

Kamu nggak harus pintar dan handal memasak layaknya para chef atau ibumu. Cukuplah kamu mengenal alat-alat masak yang sering digunakan dan paham bumbu-bumbu dasar. Nah kalau kamu sudah cukup mahir memasak 8 resep tumisan ini, tandanya kamu sudah siap untuk segera jadi istri!

1. Resep tumis brokoli harus kamu mengerti. Meski sayuran ini harganya lebih mahal, nggak apa-apa deh kalau buat suamimu nanti.

Apa Kamu Mahir Memasak 8 Resep Tumis Ini, Tandanya Kamu Siap Jadi Istri!

Selain lezat, brokoli sebenarnya mudah banget diolah. Meski harganya sedikit lebih mahal dibanding jenis sayuran lainnya, brokoli punya kandungan gizi tinggi. Nah, kamu bisa kok menjajal resep tumis yang mudah ini!

Bahan:

  • 1 buah brokoli 500 gr
  • 4 siung bawang putih cincang
  • 1/4 sdt garam
  • 1/2 sdt gula pasir
  • 1/2 sdt kaldu bubuk
  • 1/4 sdt merica
  • 1/4 sdm tepung maizena yang dilarutkan
  • minyak untuk menumis
  • air secukupnya


Cara membuatnya:

  • Panaskan minyak lalu tumis bawang putih hingga harum.
  • Masukkan brokoli iris yang sudah dicuci bersih dan masak hingga setengah matang.
  • Tambahkan gula pasir, garam, kaldu bubuk, merica, larutan maizena dan air.
  • Tunggu hingga mendidih dan kental, lalu sajikan.

Oh iya, sebaiknya jangan memasak brokoli terlalu lama, ya! Cukup setengah matang saja supaya rasanya renyah dan kandungan gizinya nggak hilang.

2. Tumis kangkung biasanya jadi andalan. Resep tumisan paling populer yang bikin masakanmu dijamin anti gagal!

Apa Kamu Mahir Memasak 8 Resep Tumis Ini, Tandanya Kamu Siap Jadi Istri!

Tumis kangkung adalah salah satu yang paling populer. Cara bikinnya yang mudah, cepat, dan anti gagal bikin resep ini banyak diminati terutama buat kamu yang masih belajar masak.


Cara membuat:

  • Siapkan 2-3 ikat kangkung, bersihkan dan siangi, lalu sisihkan.
  • Tumis 2 siung bawang merah, 3 siung bawang putih, dan 1 buah cabe merah yang sudah diiris tipis.
  • Masukkan 2-3 ikat kangkung yang sudah dicuci bersih dan disiangi.
  • Tambahkan gula, garam dan kecap manis, lalu aduk hingga merata.
  • Tunggu hingga bumbu meresap dan segera angkat.

Konsumsi kangkung secara rutin itu baik bagi kesehatan. Selain menurunkan risiko diabetes, sayuran yang konon bikin ngantuk ini juga tinggi kandungan antioksidan sehingga baik untuk mencegah kanker.

3. Buncis + telur asin rasanya emang juara. Kamu nggak akan butuh waktu lama untuk mengolahnya.

Apa Kamu Mahir Memasak 8 Resep Tumis Ini, Tandanya Kamu Siap Jadi Istri!

Bahan:

  • 150 gram buncis, dipotong 2 bagian
  • 4 siung bawang putih
  • 3 buah cabai merah
  • 1/4 sdt merica bubuk
  • 4 kuning telur asin matang dihaluskan
  • 2 sdm margarin untuk menumis

Bahan celupan:

  • 75 gr tepung terigu
  • 125 ml air es
  • 1/2 sdt garam
  • 1/4 sdt merica

Cara membuatnya:

  • Gulingkan buncis dalam bahan pencelup. Goreng hingga berwarna kekuningan.
  • Panaskan margarin, lalu tumis bawang putih dan cabai merah.
  • Tambahkan garam dan merica, lalu masukkan buncisnya.
  • Masukkan kuning telur asin. Aduk hingga merata. Angkat.

Kandungan antioksidan dalam buncis lebih tinggi dibanding jenis kacang-kacangan lainnya. Nah, tingginya antioksidan inilah yang akan memberikan manfaat baik pada sistem kardiovaskuler tubuh. Jadi, pas banget deh kalau dijadikan menu sehari-hari!

4. Wajib masak tumis tauge buat kalian pengantin baru. Kaya akan vitamin E, tauge baik bagi kesuburan kamu dan pasanganmu.

Apa Kamu Mahir Memasak 8 Resep Tumis Ini, Tandanya Kamu Siap Jadi Istri!

Memiliki kandungan vitamin E yang tinggi, tauge dipercaya dapat meningkatkan kesuburan. Selain itu, tauge juga kaya akan protein, asam amino, mineral dan vitamin. Pokoknya, menu ini jadi rekomendasi deh buat keluargamu nanti…Cara membuatnya sederhana:

  • Iris tipis 2 siung bawang putih dan 1 ruas jahe, lalu tumis hingga harum.
  • Masukkan irisan 1 buah cabe hijau, 1 buah cabe merah, dan 1 batang daun bawang.
  • Tuangkan 150 ml air dan biarkan hingga mendidih.
  • Tambahkan kecap manis, saus tiram, merica bubuk, garam, dan gula.
  • Masukkan tauge, lalu masak hingga tauge matang dan bumbu meresap.

5. Bosan sama sayuran yang itu-itu aja? Tumis jamur tiram bisa jadi variasi menu masakan di rumahmu sehari-harinya.

Bahan:

  • 500 gr jamur tiram
  • 100 ml air
  • 2 buah cabe merah
  • 2 buah cabe hijau
  • 1 buah tomat
  • 3 sdm saus tiram
  • 1/2 sdt merica bubuk
  • 1/2 sdt kaldu bubuk
  • garam dan gula secukupnya

Bumbu yang dihaluskan:

  • 5 buah cabe rawit
  • 3 siung bawang putih
  • 3 siung bawang merah

Cara membuatnya:

  • Suwir-suwir jamur tiram sesuai selera. Sisihkan.
  • Tumis bumbu halus yang sudah dihaluskan hingga harum.
  • Masukkan jamur, lalu aduk-aduk hingga rata.
  • Tambahkan garam, gula, tomat segar, gula, merica dan kaldu ayam.
  • Tuangkan sedikit air dan masak hingga matang dan bumbu meresap.

Jamur tiram bisa jadi variasi menu masakanmu sehari-hari. Tinggi kandungan mineral seperti kalsium dan zat besi, jarum tiram juga kaya akan protein bahkan lebih dari jenis daging-dagingan.

6. Jangan malas masak sendiri saat punya anak nanti. Pastikan mereka cukup asupan gizi dengan tumis tahu teriyaki ini!

Apa Kamu Mahir Memasak 8 Resep Tumis Ini, Tandanya Kamu Siap Jadi Istri!

Anak-anak seringkali pilih-pilih soal makanan. Nah, buat menyiasatinya kamu bisa memasak tumis tahu teriyaki yang rasanya dijamin yummy dan disukai anak-anakmu nanti…

Cara membuatnya gampang banget kok:

  • Potong-potong tahu dan lumuri dengan tepung bumbu. Goreng. Tiriskan.
  • Iris tipis bawang bombay, bawang merah, dan bawang putih. Tumis.
  • Tambahkan pula cabe merah dan cabe hijau yang sudah diiris.
  • Masukkan tahu yang telah digoreng.
  • Tambahkan saos teriyaki dan sedikit air.
  • Bumbui dengan garam secukupnya.
  • Tunggu hingga semua bumbu meresap.

Meski harganya murah, tahu merupakan sumber zat besi yang baik bagi tubuh. Selain itu, kandungan kalsiumnya pun dapat memenuhi 10% kebutuhan kalsium tubuh, lho!

7. Nggak perlu pusing kalau urusan masak. Kacang panjang + tempe + kecap udah pasti dijamin enak.

Apa Kamu Mahir Memasak 8 Resep Tumis Ini, Tandanya Kamu Siap Jadi Istri!

Memasak seringkali jadi momok yang menakutkan. Padahal, kalau udah tahu bumbu-bumbu dasarnya, memasak nggak akan bikin kamu kerepotan. Salah satunya bikin tumis kacang panjang dan tempe ini misalnya.

Bahan:

  • 200 gr tempe, potong dadu, goreng 1/2 matang
  • 200 grm kacang panjang, potong 3 cm
  • 3 siung bawang putih
  • 1 sdm kecap
  • 2 potong lengkuas
  • 2 lembar daun salam
  • 1/2 sdt kaldu bubuk
  • 1/2 sdt gula
  • 1/2 sdt garam
  • 4 sdm minyak
  • 1 gelas air (200 ml)

Cara membuat:

  • Panaskan minyak, lalu tumis bawang putih hingga harum.
  • Tambahkan lengkuas dan salam, masak hingga matang.
  • Masukkan tempe, air, kaldu bubuk, gula, garam, dan kecap.
  • Masak hingga bumbu meresap, baru kemudian masukkan kacang panjang.
  • Tunggu hingga kacang panjang matang dan air agak mengering.

8. Pastikan kalau kemampuan memasakmu sudah mumpuni. Bisa ‘kan bikin tumis sawi yang rasa pahitnya nggak terasa di lidah suami dan anak-anakmu nanti?

Apa Kamu Mahir Memasak 8 Resep Tumis Ini, Tandanya Kamu Siap Jadi Istri!

Resep tumisan ini mudah banget dibuatnya:

  • Potong-potong sawi hijau yang sudah dicuci bersih. Sisihkan.
  • Iris 3 siung bawang putih, 2 siung bawang merah, dan 2 buah cabe merah. Tumis.
  • Tuang sedikit air dan tambahkan garam serta bumbu penyedap sesuai selera.
  • Setelah tumisan harum dan air mendidih, masukkan sawi.
  • Tunggu hingga sawi layu dan air menyusut. Angkat.

Kendala saat memasak sawi hijau adalah adanya rasa pahit pada sayuran yang kaya akan zat anti kanker ini. Tapi bukan berarti harus dihindari, melainkan disiati supaya rasa pahit nggak lagi terasa.

Nah, caranya adalah dengan memasak dalam waktu yang singkat alias jangan memasak sawi terlalu lama. Selain itu, gunakan pula garam sebagai andalan untuk menetralkan rasa pahitnya.

Nah, gimana? Kamu sudah siap jadi istri, atau masih harus belajar resep-resep tumisan ini? Selamat mencoba, ya!




Sumer:www.hipwee.com

Sumber